Persiapan Pernikahan Kua

PERSIAPAN pernikahan tidak hanya sebatas menyiapkan pesta, gaun pengantin atau cincin pernikahan. Hal penting lain yang harus kamu lakukan adalah mengurus surat-surat dan mendaftarkan diri ke KUA. Tentu menjadi tidak lucu jika kamu dan pasangan batal menikah hanya karena tidak ada penghulu, kan? Namun, banyak pasangan yang merasa bingung bagaimana cara mengurus surat nikah dan akhirnya menyerahkan hal tersebut pada wedding organizer (WO). Nah, pada artikel kali ini kami akan menjabarkan lebih detil hal penting apa yang harus disiapkan saat mengurus surat nikah di KUA.

Persiapan Pernikahan Kua

Persiapan Pernikahan Kua

Menentukan Lokasi Akad Nikah
Tahukah kamu, ternyata lokasi akad nikah menentukan di KUA mana kamu harus mendaftarkan pernikahan. Apabila kamu dan pasangan memiliki wilayah tinggal yang sama dan ingin menggelar akad nikah di daerah tempat tinggal tidak akan menjadi masalah. Namun jika kamu menikah di luar lokasi tempat tinggal, akan lain lagi urusannya, kamu harus mengurus surat numpang nikah terlebih dulu.

Misalnya kamu berdomisili di kecamatan Pancoran dan ingin melangsungkan pernikahan di kediaman pasangan yang berlokasi di Depok, maka kamu harus mengurus surat izin menikah di KUA Pancoran terlebih dulu sebelum mengurus segala persyaratan lainnya di Bekasi.

Persiapan Pernikahan Kua

Persiapan Pernikahan Kua

Persiapkan Surat Nikah dari Jauh Hari
Ada baiknya jika kamu mengurus surat nikah enam belum sebelum pernikahan. Apalagi jika kamu ingin menikah pukul 9 atau 10 pagi di hari weekend. Jika kamu kurang cepat, bisa-bisa kamu tidak kebagian penghulu. Masa pernikahanmu batal hanya karena itu?

Persiapan Pernikahan Kua

Persiapan Pernikahan Kua

info menarik tentang harga parcel pernikahan disini

Lampiran yang dibawa adalah segala berkas yang telah disebutkan sebelumnya. Nah, jika kamu dan pasangan ternyata sama-sama menikah di luar daerah masing-masing, jangan lupa untuk membawa surat menumpang menikah ke KUA di wilayah tempat pernikahanmu. Setelah itu, kamu akan mendapatkan surat N7 atau surat pendaftaran KUA. Di sini kamu harus menyampaikan info penting mengenai jam akad nikah, jam penjemputan penghulu dan lokasinya, tanyakan pula apakah sari tilawah dan qori disiapkan oleh penghulu atau dari pihak kamu sendiri, MC akad nikah, dan wali nikah.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *