Manfaat Buah Jambu Terhadap Kanker dan Penyakit Jantung

Buah jambu merupakan buah tropis kecil yang berasal dari Meksiko selatan dan Amerika tengah, buah jambu berbentuk bulat, oval, atau seperti pear. Warna kulit pada buah ini pun bervariasi dari kuning pucat sampai kuning kehijau-hijauan. Kebanyakan jenis buah jambu memilki daging buah yang berawarna merah muda, meski beberapa ada yang berwarna kuning, merah, atau putih. Buah jambu yang sudah matang mempunyai aroma, aroma musky dan manis. Buah jambu juga banyak diproses ke dalam produk kaleng, agar-agar, manisan, dan lain-lain; kabanyakan produk tsb mengandung banyak gula, jadi ada baiknya konsumsi yang buah segar saja.

Manfaatnya Untuk Kesehatan

Melindungi dari kanker. Dari beratnya, buah jambu mengandung hampir dua kali lebih banyak vitamin C dari jeruk. Buah jambu ukuran sedang mengandung 165 mg vitamin C, sedangkan jeruk hanya 75 mg. Vitamin C, merupakan antioksidan penting yang membantu melindungi sel dari kerusakan akibat radikal bebas: Orang yang mendapat vitamin C dengan dosis tinggi dari makanan memiliki kemungkinan lebih kecil terkena beberapa tipe kanker, seperti kanker payudara, kanker kolon, dan kanker paru-paru.

Mengurangi resiko penyakit jantung. Satu buah jambu mengandung 256 mg kalium dan 5 mg serat, kebanyakan bentuknya adalah pectin, yaitu serat mudah larut yang bisa menurunkan kolesterol yang tinggi dalam darah.

Meredakan sembelit. Serat dalam buah jambu juga membantu pencernaan berjalan baik.

Membantu menurunkan berat badan. Satu buah jambu mengandung 45 kalori, jadi buah jambu merupakan makanan rendah kalori yang baik yang bisa dikonsumsi harian. Serat dalam buah jambu memberikan efek kenyang. Setengah dari buah jambu, terisi biji kecil yang keras. Meski beberapa jenis buah jambu, seperti jambu putih manis dari Indonesia, bijinya bisa dimakan, tapi oleh kebanyakan orang malah dibuang. Jika bijinya tertelan, dapat memberikan ekstra serat dan sejumlah kecil nutrisi yang juga ditemukan pada daging.

Resiko Untuk Kesehatan

Reaksi alergi. Buah jambu yang dikeringkan sering sekali dicampur dengan sulfit, yang mana dapat memicu serangan asma atau reaksi alergi pada orang yang mempunyai alergi pada sulfit.

Tips Memakannya

  • Aduk potongan buah jambu dan bawang merah dengan dada ayam.
  • Campurkan buah jambu yang sudah dikupas ke dalam salad buah.
  • Sajikan irisan buah jambu dengan keju manchengo dan biscuit gandum.

Tips Membelinya

  • Cari buah jambu yang terlihat segar selama akhir musim gugur dan awal musim dingin.
  • Saat memilih buah jambu, pilihlah yang tidak lembek, tapi juga tidak keras.
  • Tanda buah jambu matang adalah kulitnya akan mudah ditekan,

Tips Menyimpannya

  • Jika buah jambu belum benar-benar matang, taruhlah di kantung kertas berwarna coklat bersamaan dengan pisang atau apel untuk mempercepat proses matang.

Sumber: https://www.deherba.com/mengenal-lebih-dalam-khasiat-jambu-biji.html

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *