Mengenal Sejarah Sunan Giri, Salah Satu WaliSongo

Sunan Giri lahir di Blambangan (yangsaat ini dikenal Banyuwangi) pada 1442 M. Ada pula yg mengatakannya Jaka Samudra. Satu buah nama yang dihubungkan dengan masa kecilnya yang sempat dibuang oleh keluarga ibunya–seorang putri raja Blambangan bernama Dewi Sekardadu ke laut. Raden Paku lantas diangkat dan dianggap anak oleh seorang yang dikenal sebagai Nyai Semboja

Sejarah Wali songo di Pulau Jawa

sunan giri

Gambar Sunan Giri, beliau salah satu Wali Songo yang terhormat

Ayahnya yaitu Maulana Ishak. saudara kandung dari Maulana Malik Ibrahim. Beliau sukses meng-Islamkan isterinya, tapi tidak berhasil mengislamkan sang mertuanya. Oleh karena itulah ia dengan berat hati meninggalkan keluarga isterinya berkelana hinggasampailah ke Samudra Pasai. Beliau jugalah yang termasuk kedalam barisan nama dalam sejarah walisongo di Indonesia.

Sunan Giri Kecil

Sunan Giri sejak kecil telah menuntut pengetahuan di pesantren misannya, Sunan Ampel, tempat di mana Raden Patah juga belajar. Beliau juga pernah berkelana ke Malaka serta Pasai. Meskipun tak puas dengan ilmu, beberapa saat ketika terasa cukup, ia buka pesantren di daerah perbukitan Desa Sidomukti, Selatan Gresik. Dalam bhs Jawa, bukit yaitu “giri”. Jadi ia dijuluki Sunan Giri.

Pesantrennya tidak cuma dipakai jadi tempat pendidikan dalam makna sempit, tetapi sebagai pusat pengembangan orang-orang. Raja Majapahit -konon karna cemas Sunan Giri mencetuskan pemberontakan- berikan keleluasaan kepadanya untuk mengatur pemerintahan. Jadi pesantren itupun berkembang jadi satu diantara pusat kekuasaan yang dimaksud Giri Kedaton. Jadi pemimpin pemerintahan, Sunan Giri juga dikatakan sebagai Prabu Satmata.

Giri Kedaton tumbuh jadi pusat politik yang perlu di Jawa, saat itu. Saat Raden Patah melepas diri dari Majapahit, Sunan Giri jadi melakukan tindakan jadi penasihat serta panglima militer Kesultanan Demak. Hal itu terdaftar dalam Babad Demak. Setelah itu, Demak tidak terlepas dari dampak Sunan Giri. Ia disadari sebagai mufti, pemimpin teratas keagamaan, se-Tanah Jawa.

Zaman Penjajahan

Giri Kedaton bertahan sampai 200 th.. Salah seseorang penerusnya, Pangeran Singosari, di kenal jadi tokoh paling gigih menentang kolusi VOC serta Amangkurat II pada Era 18. Sejarah tentang Batavia juga pernah saya baca dari beberapa situs dan hingga sekarang masih menarik.

Beberapa santri di pesantren Giri dikenal juga jadi penebar agama Islam yang gigih hingga mencapaiberagam pulau, seperti Bawean, Kangean, Madura, Haruku, Ternate, bahkan sampai Nusa Tenggara. Penebar Islam ke Sulawesi Selatan, Datuk Ribandang serta dua sahabatnya, yaitu murid Sunan Giri yang datang dari Minangkabau.

Dalam keagamaan, ia di kenal karna pengetahuannya yang luas dalam pengetahuan fikih. Beberapa orang juga mengatakan hal yang serupa, jadi Sultan Abdul Fakih. Ia juga diyakini sebagai pencipya karya seni yang mengagumkan. Permainan anak seperti Jelungan, Jamuran, lir-ilir serta cublak suweng dikatakan sebagai kreasi Sunan Giri. Demikian juga Gending Asmaradana serta Pucung -lagi memiliki nuansa Jawa tetapi prasyarat dengan ajaran Islam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *