Beberapa Nama Alat Musik Gorontalo yang Unik

Polopalo, Ganda, Marwas merupakan beberapa nama alat musik Gorontalo yang sudah biasa terdengar di telinga kita. alat musik yang bisa ditemukan di Provinsi Gorontalo ini merupakan alat musik yang tergolong dalam jenis idiofon, alat musik yang bunyinya berasal dari badannya sendiri, dalam arti jika alat musik poloapalo ini jika dimainkan akan bergetar tubuhnya dan kemudian menghasilkan suara

Gorontalo merupakan sebuah nama dari Provinsi yang terdapat di Negara Indonesia, Tanah air kita. Selain itu, Gorontalo juga merupakan nama dari ibukota Provinsi Gorontalo itu sendiri (beberapa orang juga menyebutnya Kota Hulontalo yang berarti Kota Serambi Madinah)

Provinsi yang terletak dekat dengan Semenanjung Gorontalo di P. Sulawesi ini juga memiliki beragam budaya dan kesenian yang sangat indah dipandang mata. Salah satu kesenian adalah alat musik tradisionalnya, dan yang cukup terkenal adalah Polopalo dan Ganda.

nama alat musik gorontalo

Gambus alat musik tradisional gorontalo via google image

Polopalo merupakan alat musik yang dasarnya terbuat dari bambu dan bentuknya menyerupai semacam Garputala berukuran raksasa, semacam tongkat dengan huruf U di atasnya. Teknik memainkannya adalah dengan cara dipukul bagian anggota tubuhnya, bagian ini disebut lutut.

Nama Alat Musik Gorontalo

Seperti yang sudah saya sedikit sindir di atas, Polopalo Gorontalo ini merupakan satu dari macam macam alat musik gorontalo yang bisa kita temui hingga saat ini, meskipun alat ini mendapatkan beberapa penyempurnaan di beberapa hal seperti pemukul dari kayu yang sengaja dibuat untuk memudahkan pemain, hingga pelapisan karet yang diberikan pada pemukul untuk mempermudah memainkan alat musik gorontalo ini.

Selain Popopalo, ada juga beberapa alat musik yang mungkin bisa kita temui Gorontalo yang saya kutip dari situs alatmusikindonesia.com , seperti:

  • Ganda
  • Marwas
  • Ganda
  • Gambusi
  • Rebana Wahulo

Meskipun saat ini musik modern terdengar sangat menarik, alat musik yang sudah diberikan pembaruan ini juga membuat dampak yang baik dari segi permainannya, seperti pada Popopalo yang ketika dipukul mengeluarkan suara yang lebih nyaring tanpa harus menggunakan anggota tubuh kita untuk memukul

Alat Musik Tradisional Gorontalo Ganda

alat musik tradisional gorontalo ganda

Ganda alat musik tradisional gorontalo via google image

Setelah melihat beberapa artikel di internet yang membahas tentang alat musik Gorontalo, ada satu lagi nama alat musik tradisional Gorontalo yang cukup terkenal, yaitu Ganda. Salah satu jenis alat musik membranofon yang cukup terkenal hingga saat ini di daerah asalnya, cara memainkannya adalah dengan cara dipukul

Ganda juga alat musik yang tidak terlalu sulit untuk dipelajari, jadi kita tak perlu khatari meskipun sebagai pemula sekalipun. Untuk mempelajari teknik permainannya juga biasanya bisa kita tanyakan pada sesepuh yang terkadang bisa kita lihat memainkan alat musik ini.

Kembali membahas tentang Polopalo yang telah berkembang dari yang tadinya hanya 2 nada, menjadi lebih. Setelah Polopalo menjadi beberapa buah nada, beberapa orang juga ikut menyesuaikan komposisi yang telah dibuat karena nada dari Polopalo harus disesuaikan dengan instrumen musik mereka. Otomatis, baik tangga nada yang sudah ada ataupun yang baru akhirnya menyatu seperti layaknya kelompok musik angklung.

Disinilah akhir dari artikel saya yang membahas seputar nama alat musik Gorontalo, semoga dapat menambah wawasan teman-teman seputar kesenian lokal, wasalam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *